Fakta - Fakta Mengenai Desa Citorek Yang Mempesona

Fakta - Fakta Mengenai Desa Citorek Yang Mempesona

Lebak, BNCNews.co.id - Bagi wisatawan yang ingin merasakan tinggal di desa tradisonal lengkap dengan pemandangan khas desa di pegunungan, Desa Citorek bisa menjadi destinasi yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Nama Desa Citorek sudah sangat terkenal tidak hanya di Banten namun juga hingga ke luar Banten, oleh karena itu jangan heran bila suatu saat berkunjung ke desa ini maka akan berpapasan degan pelancong dari luar Banten.

Desa yang berada di ketinggian kurang lebih 901 meter diatas permukaan laut ini memiliki keindahan alam yang tidak akan ditemukan di tempat wisata lainnya, lengkap dengan bangunan-bangunan khas dan keramah tamahan penduduknya. Ada beberapa fakta yang perlu diketahui oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke desa Citorek :

Desa Citorek merupakan salah satu desa tertinggi di Indonesia dengan ketinggian kurang lebih 901 meter diatas permukaan laut, oleh karena itu desa ini akan terasa lebih dingin di malam hari sehingga wisatawan yang menginap disana disarankan untuk membawa pakaian yang tebal atau jaket.

Gunung luhur Desa Citorek diselimuti awan.

Namun hal tersebut tidak akan menjadi masalah serius apalagi saat pagi hari wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan indah dimana desa akan diselimuti kabut yang akan perlahan turun saat menjelang pagi dan sore hari.

Leuit Kasepuhan Citorek

Desa ini memiliki bangunan adat leuit atau lumbung padi yang berjumlah ratusan buah, leuit ini memiliki bentuk yang unik seperti kerucut.

Citorek memiliki padi beras merah lokal Citorek yang sampai kini dilestarikan keberadaannya.
Cukup banyak jenis padi merah lokal Citorek yang dibudidayakan dengan sistem sawah. jenis padi merah lokal Citorek tersebut memiliki umur yang tidak jauh berbeda dengan padi varietas unggul pada umumnya (rata-rata masa tanam 6 bulan). Jenis Seksek merah memiliki rasa paling pulen dan memiliki nilai guzi lebih tinggi dibandingkan dengan jenis padi beras merah lokal lainnya. Padi beras merah lokal Citorek secara genetis berbeda, baik berdasarkan tampilan morfologi, kandungan vitamin dan mineral, maupun dari hasil uji DNA.

Sebagaimana mana diketahui beras merah lebih baik daripada beras putih—Itu fakta umum yang hampir semua orang ketahui. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, beras merah merupakan pilihan sumber karbohidrat utama terbaik dari segi kandungan gizi maupun manfaat kesehatan lainnya.

Sebagaimana desa tradisional, wisatawan tidak akan menemukan ATM sehingga disarankan untuk mengambil uang di ATM yang berada di kota, bawalah perbekalan uang yang cukup karena ada beberapa biaya yang perlu dikeluarkan oleh wisatawan untuk menuju Desa Citorek.

Desa Citorek memiliki hari spesial yang diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur atas panen dan kemakmuran di desa tersebut, pada hari raya ini setiap penduduk desa memakai pakaian adat yang lengkap disertai dengan aksesorisnya. Bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen ini sebaiknya datang pada Bulan tertentu.

Ditulis oleh : Ucu Juhroni (Pegiat budaya Lebak)

Bagaimana Reaksimu?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0