IDRI Banten Gelar Seminar Nasional Wajah Pendidikan Indonesia Di Era 4.0

IDRI Banten Gelar Seminar Nasional Wajah Pendidikan Indonesia Di Era 4.0
Webinar IDRI Banten (Foto/BNCNews)
Serang, BNCNews.co.id - Dalam memproyeksikan pendidikan di Era 4.0, setidaknya ada dua syarat agar Pendidikan masa depan lebih bermutu. Pertama pendidikan harus berbasis  pada penguatan teknologi informasi. Saat ini kita baru sadar pentingnya penguasaan penggunaan teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan; kedua penguatan pada aspek Kurikulum. Soal kurikulum kita harus melakukan rekonstruksi dan menyesuaikan dengan kompetensi yang diinginkan oleh setiap perguruan tinggi." Demikian ujar  Dr. ing. Ir. Rudi Rubiandini. RS. yang didaulat menjadi narasumber dalam acara Seminar Nasional Webinar Series IDRI Banten pada hari Sabtu kemarin (20/06/2020)

Rudi Rubiandini yang juga merupakan mantan Wakil Menteri ESDM era SBY lebih lanjut mengatakan bahwa ada lima syarat yang harus dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi agar tetap survive, yaitu; Organisasi Gesit, Digital, Milenial, Perusahaan Terdesentralisasi, Mendefinisi Ulang Perusahaan. Dan di masa depan tenaga kerja yang dibutuhkan yang sesuai dengan perkembangannya adalah Profesional Frelance.

Pembicara lain yang ikut menjadi narasumber dalam acara Seminar nasional adalah; 

1)Dr. Fadhlullah, M.Si (Akademisi Untirta Banten sekaligus Pengurus IDRI Banten).
2) Dr. Ramadhanita, MA (Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
3). Dr. H. Yuminah, MBA ( Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Masing-masing pembicara membedah tema Seminar Nasional : Menatap Wajah Pendidikan Indonesia di Era 4.0.dalam perapektif yang beragam. 

Dalam pemaparannya, Dr. Ramadhanita mengatakan bahwa, "Pandemi Covid 19 telah memberikan kesadaran baru bagi masyarakat bahwa proses pendidikan  hari ini tidak bisa dilepaskan dari peran dan keterlibatan orangtua. Dengan sistem pembelajaran School From Home (SFH) orangtua wajib menjadi guru bagi anaknya dirumah." ujarnya

Sementaa Dr. Hj. Yuminah menyinggung soal wacana kampus merdeka, mengatakan bahwa setidaknya ada tiga pilar untuk mengembangkan kampus merdeka, yaitu pilar literasi data, literasi teknologi dan literasi humaniora.

Lebih lanjut Dr. Yuminah mengatakan, " Pendidikan Indonesia kedepan harus lebih serius memikirkan bagaimana mengembangkan antara pencapaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan dengan kompetensi sikap (pendidikan karakter)" ungkapnya. 

Dalam sesion berikutnya, Dr. H. Fadhlullah mengingatkan bahwa kedepan, "Wajah pendidikan Indonesia  di Masa depan akan terlihat pada sejauhmana Penguatan Pendidikan Keluarga dilakukan oleh masyarakat; adanya peluang terbukanya pendidikan Home schooling berbasis Rumah Ibadah yang dapat dijalankan secara bertahap oleh masyarakat. Menjamurnya Sistem pendidikan Berasrama seperti Pondok Pesantren akan menjadi pilihan rasional bagi orqngtua sebagai tempat untuk menyekolahkan anak-anaknya. Dan terakhir Pendidikan jarak jauh berbasis ICT akan menjadi trend baru dalam dunia pendidikan Indonesia, dari mulai jenjang paling rendah sampai paling tinggi." ujarrnya.

Acara seminar berakhir pukul 16.20 wib dengan ditandai penyerahan buku Bunga Rampai IDRI Banten kepada Dr. Rudi Rubiandini secara simbolis sebagai tanda elah di launchingnya buku tersebut.(*)

Bagaimana Reaksimu?

like
0
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
1
wow
0